Contact Form

 

Xiaomi Mi 4i vs Asus Zenfone 2 : Mana yang Lebih Baik



Xiaomi Mi 4i


Zenfone 2




Asus baru saja meluncurkan Asus Zenfone 2 di Indonesia. Asus zenfone 2 mempunyai 5 varian berbeda namun hanya 4 varian yang masuk ke indonesia. Sedangkan Xiaomi barusaja meluncurkan Flagshipnya di India yaitu Xiaomi Mi 4i, menurut om Hugo Barra Vice President Xiaomi Global, Xiaomi Mi 4i akan resmi dipasarkan di indonesia bulan Mei mendatang.

Bagaimana jika kedua smartphone tersebut kita bandingkan, mana yang lebih baik? Akankah Asus Zenfone 2 yang sudah lebih dulu hadir di Indonesia atau Xiaomi Mi 4i yang akan datang ke indonesia. *Asus Zenfone 2 yang akan kita bahas adalah versi ZE550ML

Berikut spesifikasi Asus Zenfone 2 dan Xiaomi Mi 4i

Perbandingan SPESIFIKASI


Desain

Asus zenfone 2

Asus melakukan perubahan yang cukup banyak pada zenfone 2 ini. Namun asus juga masih berusaha mempertahankan ciri khas zenfone generasi sebelumnya, terlihat asus masih mempunyai dagu metalik pada Zenfone 2 ini. Akhirnya Zenfone 2 sekarang juga memiliki bezel sekitar layar yang sempit, sehingga Zenfone 2 dapat tampil lebih premium. Untuk bagian belakag Zenfone 2 memiliki bahan doff yang kesat dan tidak licin, sedangkan untuk versi ZE551ML asus memberika cover belakang plastik namun dengan finishing brushed metal. Untuk peletakan tombol sekarang tombol volume pindah ke bagian belakang tepat dibawah kamera. Sedangkan tombol power pindah kebagian atas, sayang penempatan tombol diatas agak sulit untuk dioperasikan. Namun untuk menghidupkan layar atau mematikan layar dapat dengan mengetuk layar sebanyak 2 kali.

Xiaomi Mi 4i

Mi 4i sebenarnya adalah versi yang lebih murah dari Xiaomi Mi 4. desainya tidak jauh dari desain Mi 4. Namun Mi 4i tidak menggunakan bodi alumunium. Mi 4i menggunakan bahan plastik doff anti starch yang menurut Xiaomi itu tahan terhadap goresan. Xiaomi Mi 4i juga mengusung desain unibody alias back covernya ga bisa dilepas, dengan desain seperti itu Xiaomi Mi 4i dapat tampil lebih premium. Xiaomi mi 4i juga memiliki ketebalan yang terbilang cukup tipis yaitu 7.8mm saja dan mempunyai bezel pengapit layar yang sempit. Untuk tombol volume dan tombol power berada disamping kanan perangkat sehingga lebih mudah dijangkau.


Layar

Kedua smartphone tersebut memiliki resolusi yang sama yaitu FullHD 1080p namun bentangan layar kedua smartphone tersebut berdeda. Asus Zenfone 2 dengan luas layar 5.5" sedangkan Xiaomi Mi 4i memiliki luas layar 5". Jadi Xiaomi diuntungkan oleh luas layar yang hanya 5" dengan kerapatan pixel 441ppi. Setara dengan Flagship merk sebelah yang harganya jauh diatas Mi 4i. Sedangkan asus Zenfone 2 mampu menghasilkan kerapatan pixel ... ppi

Kedua smartphone tersebut juga sudah menerapkan panel IPS yang akan menghasilkan warna dan sudut pandang yang baik. Xiaomi dengan tehnologi GFF (Glass Film Film) dan Asus dengan tehnologi OGS (One Glass Solution) sebenarnya tehnologinya masih sama yaitu dengan menghilangkan gap udara antara kaca dan panel display, yang membedakan keduanya hanyalah penamaan. Dengan tehnologi ini juga pantulan dari luar dapat diminimalisir serta dapat membuat smartphone menjadi lebih ramping.

Untuk perlindungan layar Asus Zenfone 2 mempercayakan kepada Corning dengan Corning Gorilla Glass 3, sedangkan Xiaomi Mi 4i dengan dragon trail. Keduanya sudah cukup mumpuni untuk bagian perlindungan layar.

Xiaomi Mi 4i mempunyai tehnologi yang terbilang cukup baru yaitu Sunlight Display, yaitu setiap pixel dapat beradaptasi dengan kondisi sekitar sehingga dapat mengoptimasi layar.


Performa

Asus Zenfone 2

Dibekali dengan prosessor intel atom Z3560 1.8Ghz dan sudah mendukung pemrosesan 64bit, serta sudah dibekali dengan ram 2 GB, dengan GPU PowerVR.... Terbilang cukup mumpuni jika kita ingin menjalankan game HD. Namun juga jangan berharap jika performanya dapat mengalahkan smartphone Flagship.

Xiaomi Mi 4i

Dilengkapi dengan prosessor Snapdragon 615 Octa-Core, namun bukan murni Octa-Core seperti Xiaomi Redmi Note 3G, melainkan dua prosessor octa-core masing masing memiliki clock 1.2GHz dan 1.7GHz dengan tehnologi Big.Little. Jadi ketika menjalankan tugas berat maka prosessor yang 1.7Ghz bekerja sehingga dapat menghasilkan performa yang mumpuni. Namun jika sedang idle atau menjalankan tugas ringan maka prosessor dengan clock 1.2GHz yang akan bekerja yang mempunyai efisiensi daya yang lebih baik. Tapi keduanya tidak dapat bekerja sama.


Kamera

          Sama-sama mempunyai resolusi 13MP dan sama sama mempunyai 5 element lensa. Xiaomi Mi 4i menggunakan sensor dari pabrikan sony atau Samsung. Keduanya juga mempunyai dual tone LED Flash yang dapat menghasilkan warna flash yang natural. Sedangkan Zenfone 2 tidak diketahui pasti siapa pembuat sensornya. Kalau dilihat dari generasi sebelumnya sepertinya Zenfone 2 memakai sensor dari sony. Untuk kamera depanya juga sama sama mempunyai resolusi 5MP. Keduanya juga dapat merekam video FullHD 1080p. Namun Zenfone 2 sepertinya unggul dengan fitur kamera yang lebih lengkap. Seperti Low Light yang dapat menangkap foto dalam keadaan minim cahaya sekalipun.


Baterai

Disini Xiaomi ungul dengan kapasitas baterai yang sedikit lebih besar, dengan kapasitas sebesar 3120 mAh. Sedangkan Asus Zenfone 2 dibekali baterai yang sedikit lebih kecil dibanding Mi 4i dengan 3000 mAh. Keduanya juga memiliki baterai permanen atau Non-removable, jadi jika baterai mengalami masalah, ya mau ga mau harus ke service center terdekat.


Software

Sama sama menjalankan Android Lollipop namun dengan UI yang berbeda. Asus dengan ZenUInya dan Xiaomi dengan MIUI 6. ZenUI menawarkan pengalaman yang tidak jauh dari Android murni atau Vanilla Android yang biasa kita jumpai pada jajaran smartphone Nexus atau Android One. Sedangkan MIUI 6 malah menjauhi Vanilla Android, Xiaomi benar benar merombak Android Lollipop menjadi MIUI 6. MIUI 6 mempunyai lebih banyak fitur daripada ZenUInya Asus. Tapi ZenUI juga sudah mumpuni untuk membantu produktifitas kita sehari hari.


Total comment

Author

Saka Adjie

0   comments

Post a Comment

Jika ada pertanyaan atau masalah silahkan comment atau kirim screenshot masalah ke sakaadjie@gmail.com untuk kami tindak lanjuti.

Demi kenyamanan mohon tidak berkomentar sebagai Anonim, jika berkomentar sebagai Anonim jangan harap akan admin balas

Cancel Reply