Contact Form

 

Tips Memilih Smartphone Android yang Baik dan Benar



Android adalah sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan didunia. Mulai dari Smartwatch, Smartphone, Tablet, SmartTV, hingga system entertiment sebuah mobil. Mungkin kalian para pembacamasih kebinggungan bagaimana cara memilih smartphone Android yang sesuai.

Oke, mari kita mulai:

1. Memilih sesuai kebutuhan
Sesuaikan smartphone anda dengan kebutuhan anda, jadi jika kalian hobi main game tentu saja spesifikasi prosessor, ram, storage akan menjadi prioritas utama. Namun jika kalian orang yang sibuk dan banyak waktu diluar rumah maka prioritas utama kalian adalah kapasitas baterai yang besar.

2. Sesuaikan dengan budget
Ini tidak kalah pentingnya dari poin 1. Jika kalian mempunyai uang yang berlebih tidak ada salahnya memilih smartphone flagship yang harganya diatas 7jt yang tentu saja memiliki spesifikasi dewa dan fitur terkini yang kadang kadang useless. Namun jika kalian hanya memiliki budged yang terbatas, tenang saja karena sekarang banyak smartphone dengan spesifikasi mumpuni namun dengan harga jual yang cukup terjangkau, walaupun banyak fitur yang dihilangkan.

3. Jangan malas malas untuk riset
Ya setelah melewati poin 1 dan 2, saatnya kita riset, tanya sana tanya sini, cari informasi sebanyak banyaknya. Agar dikemudian hari tidak menyesal.

4. Tentukan spesifikasi
Ada beberapa bagian penting dari smartphone
1. CPU
Sekarang ada beberapa vendor besar pembuat CPU seperti Qualcomm dengan snapdragonya, Samsung dengan Exynos, Mediatek, Intel dengan Intel Atom. Ingat jumlah core bukan segalanya. Sekarang yang sedang hangat hangatnya MTK dengan Octa-corenya yang sepertinya sangat mengiurkan. Namun jumlah core bukan satu satunya penentu performa sebuah smartphone.
2. GPU
Jika cpu berperan sebagai pengeksekusi tugas sedangkan gpu perperan sebagai pengolah grafis. GPU akan sangat penting ketika kita sedang memainkan game atau mengolah grafis. 
3. RAM
Ram sangatlah penting, Ram dapat kita ibaratkan sebuah meja, kapasitas ram adalah besar meja. jika semakin besar ram semakin banyak pula tugas yang bisa dieksekusi oleh cpu secara bersamaan. Untuk sekarang jika ingin smartphone yang minim lag diharuskan memiliki ram setidaknya 1 gb.
4. Baterai
Smartphone yang baik tentu saja harus memiliki kapasitas baterai yang mumpuni. Apa gunanya jika memiliki performa yang mumpuni tapi tidak bisa lepas dari powerbank. Lebih baik pilih smartphone dengan kapasitas lebih dari 2000mAh.
5. Layar
Untuk ukuran layar sesuaikan dengan kebutuhan, jika anda orang yang sibuk dan tidak banyak aktifitas di luar ruangan lebih baik pilih layar diatas 5.5" agar nyaman dalam multitask dan multi windows. Untuk panel pilih  yang berkualitas, tidak semua panel TFT jelek namun juga tidak semua panel IPS bagus, jika bicara merk lokal (Brand A) yang juga mengadopsi layar IPS dibandingkan brand global (Brand B) dengan TFT masih lebih baik brand B walaupun dengan panel TFT.
6. Camera
Besaran pixel bukan segalanya. Masih banyak hal lain yang mempengaruhi hasil jepretan. Seperti Sensor, kualitas lensa, besaran apeture.

5. Cari diskon atau ikut pre-Order
Cara itu cara paling jitu untuk mendapatkan smartphone baru yang lebih murah. Contoh diskon dari credit card atau pre-order jauh hari sebelum dijual bebas. Dalam pre-order selisih harga yang lumayan.





Total comment

Author

saka adjie

0   comments

Post a Comment

Jika ada pertanyaan atau masalah silahkan comment atau kirim screenshot masalah ke sakaadjie@gmail.com untuk kami tindak lanjuti.

Demi kenyamanan mohon tidak berkomentar sebagai Anonim, jika berkomentar sebagai Anonim jangan harap akan admin balas

Cancel Reply